oleh

Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Kotabaru, 26 Rumah Rusak

BURUH TINTA.CO.ID, KALSEL,- Bencana longsor di Dusun 1 Babalembang, Desa Teluk Sungai atau Matasirih RT 05, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Rabu (24/4/2019) siang sekitar pukul 11:00 Wita memakan korban jiwa.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru, sedikitnya ada 20 rumah rusak ringan dan 6 rumah tertimbun rata oleh tanah.

Sementara korban yang tertimbun longsor yakni Hikmah beserta sang anak. Keduanya, masih dalam pencarian tim BPBD Kotabaru dan Basarnas Banjarmasin.

Adapun pemilik rumah yang diduga ikut tertimbun longsor berjumlah 5 orang, yaitu Hamsah, Rusman, H. Junaedi, Zainuddin dan Sumaila.

“Kebutuhan mendesak saat ini yaitu terkait dengan logistik,” ucap Kepala BPBD Kotabaru, Rusian Ahmadi Jaya.

Tindakan yang dilakukan saat ini, yakni asessment korban terdampak melalui alat komunikasi SSB melalui Frekuensi 6.2020 USB dan evakuasi serta pencarian korban yang tertimbun tanah longsor.

Adapun kronologis kejadian, kata dia, akibat hujan besar yang tak kunjung reda dari tadi malam mengakibatkan tanah erosi dan terjadi longsor.

Sebanyak 2 orang Babinsa Koramil 12 atas nama Hardani dan Tumino, 2 orang Anggota Polsek atas nama Brigadir Wahyudi dan Brigadir Nugraha dan 2 Orang Staf Kecamatan atas Wahyu dan Ahmad serta satu orang masyarakat telah berangkat ke Matasirih menggunakan kapal pejala.

Sementara itu, Kepala BPBD Kalsel, Wahyuddin mengatakan, pihaknya telah mengirimkan 3 orang personel ke lokasi kejadian. Cuaca disana, kata dia, masih sangat ekstrim.

“Sehingga korban selamat masih belum terdata. Komunikasi masih susah. Bahkan, foto kejadian juga belum dapat,” tutupnya.

Penulis : Shinta/yuni

Editor : Wawan Cep

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Berita