oleh

Big Match Shopee Liga 1 2019, Persib Tekuk Persipura 3-0

BURUH TINTA.CO.ID, Jawa Barat,- Laga Big match Shopee Liga 1 2019 yang mempertemukan Persib Bandung menjamu tamunya Persipura Jayapura berakhir dengan kemenangan telak bagi tuan rumah di Stadion Si jalak Harupat, Bandung pada Sabtu malam (18/5/2019). Persib unggul dengan skor telak 3-0.

Gol-gol Persib dicetak oleh Artur Gevorkyan (2 gol) dan Febri Haryadi. Kemenangan ini pun sukses memutus kutukan Persib yang acap tampil buruk dalam laga perdana Liga 1.

Pada laga perdana ini, Persib turun dengan para pemain kuncinya. Ada Ezechiel N’Douassel, Artur Gevorkyan, Febri Haryadi, Ghozali Siregar, Hariono, Rene Mihelic dan bek tangguh Ahmad Jufriyanto, Bojan Malisic di lini pertahanan.

Sementara Persipura juga menurunkan para pemain terbaiknya diantaranya, Boaz Salossa, Marinus Wanewar, Lukas Mandowen, Ian Louis Kabes, Oh In-kyun, Muhammad Tahir dan Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro dos Santos di lini pertahanan.

Sejak kick off babak pertama, Persib selaku tuan rumah langsung menekan lini pertahanan Persipura. Pemain baru Persib, Mihelic sudah aktif memberikan umpan ke penyerang Ezechiel, Arthur dan dua sayap cepat Persib.

Namun, seiring jalannya pertandingan, pola serangan Persib mulai terbaca oleh pemain pemain Persipura yang kebanyakan mengandalkan pergerakan dari para pemain sayap.

Di awal laga Persipura sempat kesulitan menembus lini pertahanan Persib. Serangan yang mereka bangun sering kandas saat akan memasuki lini pertahanan Persib. Pengangkut bola Persipura, In-kyun selalu ditempel ketat gelandang Persib, Hariono ketika akan mengirimkan bola ke lini depan.

Meski begitu, memasuki menit 25 laga, Persipura mulai bermain lebih santai. Selain karena mampunya mereka lepas dari tekanan para pemain Persib, para pemain ‘Maung Bandung’ pun kerap gagal memanfaatkan peluang yang mereka dapat. Bahkan, dua peluang dari Ezechiel selalu mengenai tiang gawang.

Marinus dan Boaz mulai banyak menerima bola di area kotak penalti, dan hal itu sedikit menyulitkan Persib. Merespons Persipura yang mulai bermain santai ini, Persib mencoba cara lain dalam mencetak angka. Pada menit 45, skema bola mati jadi jalan bagi Persib menorehkan gol.

Bermula dari tendangan bebas Mihelic, Malisic yang menerima bola di kotak penalti meneruskan bola dengan sundulannya. Bola kiriman Malisic diterima oleh Gevorkyan, yang dengan ciamik meneruskan bola ke gawang Persipura. Gol tercipta bagi Persib, mengubah skor jadi 1-0, yang menutup babak pertama laga ini.

Memasuki babak kedua, Persib langsung berusaha menambah angka. Poros serangan masih dari sisi sayap (Febri dan Ghozali), ditopang pula oleh pergerakan Gevorkyan dan Mihelic yang semakin percaya diri.

Intens dalam menjaga tekanan dan juga berusaha menekan, akhirnya Persib mampu mencuri gol kedua pada menit 62. Diawali oleh serangan dari sisi kiri pertahanan Persipura, bola sebenarnya sempat dihalau oleh para pemain bertahan Persipura. Namun, bola berhasil dicuri Ghozali, yang lanjut menerobos kotak penalti Persipura.

Di dalam kotak penalti, Ghozali mengirimkan umpan kepada Gevorkyan yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan, Gevorkyan mencebloskan bola ke gawang, yang mengubah kedudukan menjadi 2-0 untuk keunggulan Persib.

Tidak berhenti sampai di situ, pada menit 67, Persib berhasil menambah gol lewat Febri Hariyadi. Berawal dari tendangan Ezechiel yang berhasil dihalau Dede, tetapi Eze kemudian mengirim bola pada Febri. Dengan apik, Febri menyelesaikan umpan Eze dengan tembakannya, mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Sadar bahwa mereka butuh tambahan kekuatan di lini serang, Persipura memasukkan Imanuel Wanggai di babak kedua ini, menggantikan In-kyun. Hadirnya Wanggai diharapkan dapat menghidupkan kekuatan lini tengah Persipura. Hasilnya apik, Wanggai sempat menciptakan peluang bagi Persipura.

Merespons pergantian Persipura tersebut, Persib juga melakukan pergantian pemain untuk menjaga keseimbangan permainan. Erwin Ramdani masuk menggantikan Febri Haryadi. Masuknya Erwin menjaga stabilitas permainan, tapi di sisi lain, serangan Persipura pun mulai meningkat.

Di sisa waktu 10 menit akhir babak kedua, Persipura meningkat tempo permainan. Segala upaya mereka lakukan untuk mencetak gol ke gawang Persib. Namun, sampai laga usai, Persipura tak mampu mencetak gol. Skor 3-0 untuk keunggulan Persib pun tetap bertahan.

Penulis: Ilham

Editor: Aswink

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Berita