oleh

Cara Unik Siswa SMK I Jeneponto Peringati Maulid Nabi

BURUHTINTA.CO.ID, Jeneponto,- Banyak cara dilakukan warga untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Yang unik, terjadi di  SMK 1 Jeneponto, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulsel, Sabtu(1/12/18).

Perayaan Maulid berlangsung dengan cara unik. Selain sajian yang di tampilkan hiasan perahu, para siswa juga memperebutkan julung-julung yang direbutkan. Sejumlah siswa biasa merayakan (Maulid Besar) dengan menghiasi perahu menggunakan aksesoris warna-warni dan telur hias.

Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman sekolah memiliki daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, puluhan makanan yang sudah dihiasi dengan berbagai pernak-pernik membuat peringatan maulid semakin meriah.

Maulid dilakukan tidak hanya satu kali. Sebab ada prosesi acara sebelum acara puncak. Perahu tampak dihias dengan hiasan ribuan telur serta bahan makanan tradisional dan menjadi pemandangan unik .Makanan yang disusun seperti gunung dipersiapkan oleh para siswa SMK 1 Jeneponto untuk diperebutkan puluhan siswa siswi.

Makanan yang dibuat seperti gunung tersebut yang akan diperebutkan berisi telur hias, ayam, beras dimasak setengah matang, beras ketan, mukena, serta aksesoris lainnya. Namun sebelumnya dibacakan barzanji secara bersama-sama, kemudian baru diperebutkan di atas perahu.

Tak hanya itu, serangkaian kegiatan lain yang mengiringi puncak acara tersebut berupa tausyiah dan zikir bersama.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu, menjadi ajang bersilaturahmi guru dengan para siswanya.

Editor : Wawan Ceper

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Berita