oleh

Kadis PMD SulSel Hadiri Pesta Adat Jene’ Jene’ Sappara di Jeneponto

BURUH TINTA.CO.ID, JENEPONTO,- Ribuan masyarakat Jeneponto menghadiri puncak perayaan pesta adat Jene’ Jene’ Sappara yang digelar setiap tahunnya di halaman rumah adat, Desa Balangloe Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Minggu (13/10/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H.Ashari Fakhsirie Radjamilo M.Si. menyampaikan tujuan perayaan pesta adat jene’jene sappara adalah untuk melestarikan nilai-nilai budaya leluhur dan mari menjunjung tinggi karakter bangsa dengan menanamkan nilai nilai sosial budaya ke para pemuda pemudi dibutta turatea.

“Alhamdulillah, untuk kedua kalinya saya berkesempatan hadir diacara ini. Saya mengajak masyarakat agar tidak hanya bersyukur atas hasil kerja yang telah kita capai. Akan tetapi harus menanamkan arti dan makna yang sebenarnya dari kegiatan ini pada kehidupan bermasyarakat dengan tatanan pemerintahan sekarang ini,” ucap Ashari Fakhsirie.

Sementara itu, Ketua panitia, Arwin mengatakan, kegiatan pesta adat Jene’ Jene’ Sappara bertujuan untuk melestarikan warisan budaya leluhur kita.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar, sukses dan bahkan tahun ini lebih banyak pengunjungnya dari tahun kemarin,” kata Arwin.

Menyinggung tentang ketidakhadiran Bupati, Arwin menuturkan jika undangan sudah disampaikan, namun mungkin ada kegiatan lain yang waktunya bertepatan dengan kegiatan adat ini.

Baca Juga !  HPMT Desak Kejari Jeneponto Tahan 3 Tersangka Dugaan Korupsi di RSUD Latopas

“Iya, kami sudah mengundang bapak Bupati Jeneponto namun hanya diwakili dan tadi sudah disampaikan oleh Camat Tarowang bahwa Bupati ada kepentingan lain. Kami berharap agar pemerintah lebih memperhatikan kegiatan adat budaya jene’ jene’ sappara ini,” pungkasnya.

Penulis: Awal
Editor: Wawan cep

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Berita