header

Pemekaran Wilayah Kalimantan Tengah: Menyusun Wilayah Barito Raya dari Perspektif Rasional Multi-Dimensi

Selasa 15-08-2023 / 12:00 WIB


Pemekaran Wilayah Kalimantan Tengah: Menyusun Wilayah Barito Raya dari Perspektif Rasional Multi-Dimensi

"Ketika itu, dalam rencana pembentukan Provinsi Barito Raya, hanya empat kabupaten yang siap di wilayah DAS Barito, yaitu Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur, dan satu kabupaten dari provinsi tetangga, yaitu Barito Kuala. Namun, Kabupaten Murung Raya saat itu belum memberikan tanggapan," tambahnya.

"Proses pemekaran pada waktu itu terhambat oleh persyaratan dukungan dari lima kabupaten. Barito Kuala mendukung pemekaran Barito Raya saat itu karena daerahnya masih dalam tahap perkembangan. Namun, saat ini Barito Kuala tidak lagi memberikan dukungan karena telah lebih maju," lanjutnya.


Sebagai catatan, wacana mengenai pemekaran ini telah dimulai sejak tahun 2004. Komite untuk Provinsi Barito Raya sudah terbentuk pada waktu itu, yang melibatkan beberapa kabupaten di wilayah DAS Barito. Namun, hingga saat ini rencana ini belum dapat terealisasi karena kendala regulasi pusat yang menuntut dukungan minimal dari lima kabupaten.

Melalui diskusi dalam seminar tersebut, semakin terasa tekad dan semangat masyarakat di wilayah DAS Barito untuk mewujudkan pemekaran Provinsi Barito Raya. Langkah ini dianggap beralasan mengingat letak geografisnya dan faktor-faktor lain, yang menjadikan DAS Barito berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN) di Nusantara. Dengan demikian, diharapkan bahwa Provinsi Barito Raya akan menjadi penyangga utama bagi IKN.

Seminar ini dihadiri oleh tokoh dan sesepuh dari Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB), serta perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemukiman dan Pertanahan, yaitu Suhlan.***


×

TAG: #pemekaran
Sumber:

BERITA TERKAIT