header

Tema Hari Buruh 2024 Happy Labor May Day, Demo Hari ini

Rabu 01-05-2024 / 15:20 WIB


Tema Hari Buruh 2024 Happy Labor May Day, Demo Hari ini

Tema yang diangkat dalam aksi ini sangat kental dengan semangat perlawanan terhadap apa yang disebut sebagai "Rezim Oligarki 'Jokowi' Perusak Demokrasi, Gagal Sejahterakan Rakyat, Bangun Kekuatan Politik Progresif & Rebut Kedaulatan Rakyat." Aksi ini menjadi wadah bagi massa untuk menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap kebijakan pemerintah yang dianggap tidak memihak pada kepentingan rakyat.

GEBRAK sendiri merupakan gabungan dari 30 aliansi lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang fokus pada isu ketenagakerjaan. Massa yang terlibat dalam aksi ini mencakup berbagai elemen masyarakat, mulai dari buruh, petani, mahasiswa, kaum miskin, nelayan, hingga driver ojol. Mereka berasal dari berbagai daerah, khususnya daerah dengan basis buruh yang besar seperti Jakarta, Bekasi, dan Karawang. Massa di daerah luar Jakarta juga akan menyampaikan tuntutannya di depan gedung pemerintahan di masing-masing daerah.


Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI), salah satu anggota GEBRAK, memperkirakan bahwa aksi Hari Buruh akan dihadiri oleh 10.000 hingga 15.000 massa. Hal ini menunjukkan bahwa semangat perjuangan dan solidaritas pekerja masih kuat dan menjadi sorotan dalam peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini.

Dalam konteks yang terus berubah dan tantangan yang semakin kompleks, aksi ini menjadi panggung bagi para pekerja untuk bersatu dan menyuarakan aspirasi mereka demi perubahan yang lebih baik di dunia kerja. Semoga aksi ini menjadi langkah awal menuju keadilan sosial dan kesejahteraan bagi semua pekerja.***

TAG:
Sumber: