header

Badai Beryl dari Jamaica Semakin Kuat Saat Menerjang Yucatán Mexico

Jumat 05-07-2024 / 11:20 WIB


Badai Beryl dari Jamaica Semakin Kuat Saat Menerjang Yucatán Mexico

BURUHTINTA.co.id - Badai tersebut, yang kembali ke Kategori 3 setelah melemah pada Kamis pagi, bergerak menuju Meksiko, meninggalkan jejak kehancuran di seluruh Karibia.

Badai Beryl bergerak menuju Semenanjung Yucatán di Meksiko dengan kekuatan Kategori 3 pada Kamis malam setelah melanda Karibia bagian timur, menyebabkan pulau-pulau rata, masyarakat terendam banjir, dan sedikitnya delapan orang tewas.


Badai tersebut, yang merupakan badai Kategori 5 paling awal yang pernah tercatat di Atlantik, telah melemah menjadi kategori 2 pada Kamis pagi, namun badai tersebut kembali terjadi di Laut Karibia, dengan kecepatan angin maksimum yang berkelanjutan hingga 115 mil per jam, menurut Pusat Badai Nasional.

Karena pusat tersebut memperkirakan gelombang badai yang “berbahaya” dan gelombang yang merusak, selain kekuatan angin topan, pihak berwenang di Meksiko tidak mau mengambil risiko. Pemerintah mengatakan pada hari sebelumnya bahwa mereka telah mengerahkan lebih dari 13.000 pekerja dan anggota angkatan bersenjata, bersama dengan anjing penyelamat, dan telah mendirikan dapur keliling dan pabrik pengolahan air di Quintana Roo, sebuah negara bagian selatan yang menghadap Karibia yang mungkin jadilah orang pertama yang merasakan dampak badai tersebut.

Setelah badai berpindah dari Jamaika, penduduk keluar dari tempat berlindung untuk melihat pemandangan lahan pertanian yang telah hancur, rumah-rumah yang mengalami kerusakan dan jalan-jalan yang ditutupi tiang-tiang listrik dan dedaunan yang roboh.


×

“Seluruh tempat ini menjadi satu,” kata Steve Taylor, warga kota pesisir dataran rendah Mitchell Town, kepada stasiun televisi lokal.

Elizabeth, wilayah pertanian yang dikenal sebagai penghasil roti bagi negara tersebut, terkena dampak paling parah. Elizabeth Barat Daya menghadapi kehancuran total, kata Menteri Pertanian Jamaika, Floyd Green.

Meskipun Badai Beryl sangat brutal, para pejabat Jamaika yang mengamati kerusakan yang terjadi mengatakan bahwa dampaknya bisa saja lebih buruk.

“Kerusakannya tidak seperti yang kami perkirakan, jadi kami sangat bersyukur atas hal itu,” Perdana Menteri Andrew Holness.

Sejauh ini, kata para pejabat, jumlah korban tewas di Karibia tampaknya rendah sejak badai pertama kali melanda pada hari Senin, di Grenada.

Peramal cuaca memperkirakan bahwa Meksiko akan dilanda badai tidak hanya sekali, tapi dua kali. Kapal tersebut berada di jalur yang tepat untuk mencapai Semenanjung Yucatán pada hari Jumat, dan kemudian, setelah melintasi Teluk Meksiko, pantai negara bagian Tamaulipas di utara.

Beberapa evakuasi sedang dilakukan di Tulum dan Felipe Carrillo Puerto, daerah yang dikhawatirkan para pejabat akan terkena dampak terberat dari kekuatan badai.

Di Cancún, tempat liburan yang populer, kapal pesiar dikumpulkan di jalur perairan pedalaman untuk perlindungan.

Anders Aasen dan keluarganya tiba pada hari Kamis di Bandara Internasional Cancun Meksiko setelah melakukan perjalanan selama hampir 24 jam dari Norwegia, tanpa menyadari bahwa badai juga akan tiba di sana dalam hitungan jam.

“Di hotel, mereka belum memberi kami informasi apa pun tentang apa yang akan terjadi atau apa yang harus kami lakukan,” kata Aasen, 42, seorang pengusaha, yang berencana melakukan perjalanan ke Cancun dan Tulum bersama istri dan tiga anaknya. Dia mengatakan keluarga tersebut telah menghabiskan $20.000 untuk perjalanan mereka.

Sebagian besar wisatawan yang tiba di bandara pada hari Kamis mengatakan mereka belum diberitahu sebelumnya tentang badai tersebut dan menambahkan bahwa baik agen perjalanan maupun hotel tidak memberi tahu mereka tentang langkah-langkah keselamatan.

Di Teluk Meksiko, Shell Oil mengatakan pihaknya sedang mengevakuasi pekerja yang tidak penting dari anjungan minyak terapung. Platform tersebut, yang disebut Perdido, terletak sekitar 200 mil selatan Galveston, Texas, di kedalaman air sekitar 8.000 kaki. Perusahaan mengatakan “tidak ada dampak lain pada produksi kami” dari badai tersebut.

Badai tersebut muncul sebagai badai Kategori 5 paling awal yang pernah tercatat di Samudra Atlantik, menurut Philip Klotzbach, ahli meteorologi di Colorado State University yang berspesialisasi dalam siklon tropis. Rekor sebelumnya dibuat oleh Badai Emily pada 17 Juli 2005, ujarnya.

Ahli meteorologi mengatakan bahwa peningkatan cepat Badai Beryl adalah akibat langsung dari suhu permukaan laut yang di atas rata-rata, dan pertanda akan terjadinya musim badai yang sangat sulit.

Penduduk di Kepulauan Cayman sebagian besar bernapas lega setelah Badai Beryl lewat dengan kekuatan Kategori 3 pada Kamis pagi tanpa mendarat. Tidak ada laporan mengenai kerusakan signifikan, cedera atau korban jiwa. Namun para pejabat mengatakan bahwa mereka masih menilai dampak penuh badai tersebut.

Di Jamaika, pasokan listrik dan air perlahan-lahan dipulihkan ke daerah-daerah yang terkena dampak paling parah: paroki di bagian timur dan selatan Kingston, ibu kotanya; Portland, dan lingkungan lainnya. Lebih dari 60 persen pelanggan tidak mendapatkan air dan listrik pada Kamis pagi, kata perwakilan penyedia layanan utama kepada media berita lokal. Layanan telepon seluler masih belum tersedia di sebagian besar negara.

Bandara Internasional Sangster Jamaika, di kawasan pariwisata Teluk Montego, diperkirakan akan dibuka kembali pada Kamis malam, kata menteri transportasi dalam sebuah pernyataan, tetapi bandara utama, Norman Manley, tetap ditutup untuk perbaikan tetapi diperkirakan akan dibuka kembali pada hari Jumat.

Pemerintah mengatakan pekerja sektor publik dapat kembali bekerja, sementara beberapa lembaga komersial telah memanggil kembali karyawannya. Bank sentral Jamaika menyarankan agar bank tetap tutup hingga hari Jumat. Sekolah tutup selama musim panas.

Pembangunan kembali tampaknya merupakan tugas yang jauh lebih sulit di pulau-pulau yang terkena dampak badai yang lebih parah, khususnya di Grenada. Citra satelit menunjukkan rumah-rumah rata dan bangunan-bangunan tanpa atap, dengan pulau Carriacou dan Petite Martinique yang terkena dampak paling parah. Para pejabat mengatakan sekitar 98 persen bangunan di sana telah hancur.

Di Argyle, sebuah kota wisata populer dengan puluhan rental liburan di Carriacou, gambar sebelum dan sesudahnya menunjukkan bangunan-bangunan menjadi puing-puing. Dermaga pulau yang biasanya dipenuhi perahu ternyata kosong. Dan di sepanjang garis pantai timur laut Carriacou, kerusakan terus berlanjut jauh ke daratan, menurut citra satelit.

Pariwisata adalah salah satu sumber pendapatan utama pulau itu, dan bandara serta beberapa hotel dibuka kembali seiring dimulainya operasi pembersihan, kata Asosiasi Hotel dan Pariwisata Grenada.

TAG: #mexico
Sumber:

BERITA TERKAIT